* SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGA BERMANFAAT, SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DIBAWAH INI DAN SILAHKAN JOIN BLOG INI. TERIMA KASIH *

COMPUTER GRAPHIC DESIGN ( PART II )

Selamat pagi...
dipostingan kali ini admin akan melanjutkan pembahasan tentang pendalaman isi buku computer graphic design, langsung saja kita kepembahasannya.

Image

Apa bedanya desain grafis & desain komunikasi visual?
sebenarnya tidak terlalu berbeda, beberapa tahun yang lalu desain komunikasi visual ini dikenal dengan nama desain grafis. penyesuaian nama ini karena perkembangan media dan teknologi yang begitu pesat, desain grafis yang berkesan statis kini berkembang kearah gambar bergerak atau video dan multimedia.

Estetika
Estetika adalah cabang ilmu filsafat yang membahas keindahan. bagaimana terbentuk dan bagaimana bisa merasakannya. pembahasan lebih lanjut tentang estetika cukup rumit karena harus mempelajari indra dan kejiwaan agar bisa menilai suatu rasa.
estetika dan perbandungan/ rasio untuk menilai desain secara kualitatif yaitu:
dengan cara rumus : M = O/C dimana M = (measure) nilai keindahan, O = (order) keberaturan, C = (complexity) kompleksitas. ada juga metoda "Golden Ratio" atau "rasio emas" dengan nilai 1,6.

Menilai karya Grafis
Karya grafis sulit dinilai secara kuantitatif dengan angka/numerik, dan tidak bisa juga dikatakan benar atau salah, sebaik-baiknya karya desain tetap saja ada kurangnya, begitu pula sebaliknya. penilaian kualitatif pada karya desain yang biasa diberikan seperti baik, buruk, menarik, indah, jelek, cantik, keren, kurang baik, cocok, tidak pantas, biasa aja, dll.

sekian postingan kali ini, berikutnya penulis akan melanjutkan lagi di sesi Computer Graphic Design part III.
semoga bermanfaat bagi pembaca....


0 comments:

Post a Comment