PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE
COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ( CAI )
SKRIPSI
Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Mencapai
Gelar Sarjana Komputer Pada
Strata 1 Program Studi Teknik Informatika
Oleh :
AHMADI DARMA
NPM : 1111232
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN
KOMPUTER
STMIK BUDIDARMA
MEDAN
2015
Ini adalah sekilas tentang cover judul skripsi saya, lumayan mana tau berguna buat teman sekalian untuk jadi referensi.
berikut saya berikan lagi Bagian BAB I nya,
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Komputer dapat lebih memberdayakan guru dan siswa
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang selama ini dilaksanakan. Hal
tersebut disebabkan dengan menggunakan media komputer, memungkinkan siswa dapat
mempelajari suatu bahan dengan cara-cara baru yang lebih interaktif. Komputer
dapat menjadi katalisator untuk meraih sasaran-sasaran pendidikan yang telah di
tetapkan oleh orang tua, pendidik, dan pemerintah. Pemanfaatan komputer sebagai
sarana pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang sangat positif karena selain
baru bagi perkembangan teknologi pembelajaran juga memiliki sifat yang
representatif dan interaktif. Komputer dapat menjadi sarana pembelajaran yang
inovatif, dari tradisi papan tulis dan kapur. Dengan Power Point misalnya, para guru dapat menyulut minat siswa terhadap
pelajaran lewat penyertaan foto-foto, potongan film, dan bahkan berhubungan
dengan internet.
Multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai salah
satu sarana penyampaian pembelajaran secara interaktif dan terintegrasi yang mencakup
teks, gambar, suara, video atau animasi. Komponen interaktivitas yang menunjuk
kepada proses pemberdayaan pengguna untuk mengendalikan lingkungan melalui
komputer.
CAI (Computer
Assisted Instructions) hakekatnya merupakan penawaran baru dalam cara
pembelajaran. Komputer sebagai media akan lebih banyak membantu siswa menemukan
hal-hal baru yang lebih menarik dibandingkan dengan cara-cara konvensional yang
lebih berpusat pada guru. Walaupun sudah diketahui, bahwa cara-cara belajar dan
mengajar, serta pemerolehan informasi pembelajaran tiap individu berbeda. Banyak
teori-teori belajar yang berupaya menguraikan cara belajar tiap individu.
Kebanyakan teori ini mengidentifikasikan atribut-atribut yang mirip. Uraian
yang paling sederhana, ada orang yang belajar lebih baik dengan membaca, ada
yang lebih baik lewat mendengarkan, ada yang dengan memperhatikan orang lain
mengerjakan tugas, ada pula yang harus mengerjakan tugas itu sendiri. Semua
orang mempunyai tingkat atitude yang
berbeda selain kepribadian dan pengalaman hidup berbeda-beda yang mungkin
memotivasi atau sebaliknya mendemotivasi cara belajar. Seorang yang secara
fisik maupun psikis tidak memiliki kemampuan sebagaimana orang-orang normal,
mungkin akan perlu bantuan komputer untuk mengakses bahan-bahan pembelajaran
lewat cara baru dengan bantuan komputer.
Desain Grafis adalah
cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain
Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object.
Desain Grafis adalah
kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi
yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang biasa
menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu
yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan ini bahwa
desain grafis banyak dimanfaatkan dalam desain komunikasi dan fine
art. Oleh karena itu, desain grafis dapat merujuk kepada proses
pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), ataupun
disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup kemampuan
kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya ilustrasi, fotografi,
pengolahan gambar, dan tata letak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk
membantu proses pembelajaran desain grafis agar lebih mudah dimengerti,
dipahami serta dapat melahirkan antusias belajar yang tinggi dari mahasiswa,
maka dibutuhkan suatu aplikasi pembelajaran dengan menggunakan komputer sebagai
alternatif lain yang dapat membantu pengajar ataupun pelajar. Dengan aplikasi
ini, maka dapat membantu pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
di dalam silabus.
Berdasarkan
uraian latar belakang masalah di atas, penulis bermaksud untuk menguraikan
tahap-tahap pemberian solusi yang dituangkan dalam skripsi dengan judul “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Desain
Grafis Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI)”.
1.2
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah, maka yang menjadi perumusan masalah adalah:
1.
Bagaimana menyampaikan dan menjelaskan materi
pembelajaran desain grafis lebih mudah dipahami?
2.
Bagaimana menerapkan metode pembelajaran
CAI (Computer Assisted Instruction) untuk
pembelajaran desain grafis?
3.
Bagaimaan merancang aplikasi pembelajaran
desain grafis yang menerapkan metode CAI?
1.3 Batasan Masalah
Adapun yang menjadi batasan masalah dalam perancagan
aplikasi pembelajaran desain grafis ini adalah sebagai berikut :
1.
Perangkat lunak yang dibangun hanya menyajikan salah
satu topik materi pembahasan vektor
dan piksel yang telah disusun dalam pembelajaran
desain grafis yaitu pembelajaran desain grafis dasar.
2.
Penenerapan klasifikasi dari metode
pembelajaran CAI (Computer Assisted Instructions) hanya pada proses deskripsi (penjelasan
materi) dan proses drill and
practice serta pemecahan masalah
soal-soal latihan.
3.
Soal-soal latihan yang disajikan adalah
hanya latihan-latihan tentang materi-materi yang telah disertakan dalam
aplikasi pembelajaran ini.
1.4
Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4.1
Tujuan Penelitian
Penulisan skripsi ini memiliki tujuan dan manfaat,
adapun tujuan penyusunan skripsi dapat di jelaskan sebagai berikut:
1.
Menjelaskan teknik penyajian materi
pembelajaran desain garfis untuk memberikan kemudahan untuk pemula yang mudah
dan menarik sehingga dapat meningkatkan gairah belajar.
2.
Menerapkan metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) dalam pembelajaran
desain grafis bebrbasis komputer untuk mempermudah pengajar dalam menyampaikan
materi pembelajaran desain grafis.
3.
Merancang sebuah aplikasi multimedia pembelajaran
materi desain grafis (Computer Assisted Instruction).
1.4.2 Manfaat Penelitian
Manfaat dari
penyusunan skripsi ini adalah sebagai berikut :
1.
Untuk menambah sumber pembelajaran
serta memberi alternatif cara belajar yang menarik.
2.
Dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri oleh para siswa maupun
peserta didik di level kelas yang berbeda.
3.
Dapat memudahkan dan menggantikan guru dalam
proses pengajaran materi desain grafis.
1.5 Metode Penelitian
Metode
yang akan digunakan dalam pembuatan perangkat lunak ini terdiri dari
tahap-tahap berikut :
1.
Studi kepustakaan
Melakukan
studi kepustakaan terhadap berbagai referensi yang berkaitan dengan mata kuliah
desain grafis CAI (Computer Assisted
Instruction) serta referensi-referensi lain yang dibutuhkan dalam
pembahasan penelitian yang dilakukan.
2.
Analisa
Mempelajari
proses penyampaian pembelajaran desain grafis dengan uraian silabus kurikulum
mata pelajaran desain grafis melalui aplikasi multimedia dengan menerapkan
metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction).
3.
Perancangan
Merancang
aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia dengan menggunakan bahasa
pemrograman Macromedia Flash 8.0.
4.
Implementasi
Melakukan
proses pengujian dan pengecekan kesalahan terhadap perangkat lunak yang telah
dirancang.
1.6 Sistematika
Penulisan
Sistematika
penulisan skripsi ini dibagi menjadi lima bab, yaitu sebagai berikut :
BAB I
: PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang
latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat
penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan dari skripsi ini.
BAB II
: LANDASAN TEORI
Bab
ini berisikan tentang konsep dasar dan teori-teori yang mendukung pembahasan
dan pembuatan skripsi ini.
BAB III : ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab ini berisikan tentang perancangan
umum maupun uraian lebih lanjut mengenai perancangan aplikasi pembelajaran
desain grafis berbasis multimedia dengan metode pembelajaran CAI (Computer Assisted
Instructions).
BAB IV : ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Bab ini akan
membahas analisa hasil dan pembahasan sistem aplikasi yang telah dirancang,
tampilan interface program dan pengujian sistem aplikasi.
BAB V
: KESIMPULAN DAN SARAN
Bab
ini berisi kesimpulan yang diambil dari pembahasan masalah serta saran yang
dapat dipertimbangkan untuk tindak lanjut terhadap sistem yang dibuat.
semoga bermanfaat ya.... ntar ane lanjut lagi untuk bab selanjutnya..hehee
thanks
0 comments:
Post a Comment