* SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGA BERMANFAAT, SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DIBAWAH INI DAN SILAHKAN JOIN BLOG INI. TERIMA KASIH *

Contoh judul skripsi Teknik Informatika






PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ( CAI )


SKRIPSI


Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Mencapai Gelar Sarjana Komputer Pada
Strata 1 Program Studi Teknik Informatika




Oleh :
AHMADI DARMA
NPM : 1111232





PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK BUDIDARMA
MEDAN
2015


Ini adalah sekilas tentang cover judul skripsi saya, lumayan mana tau berguna buat teman sekalian untuk jadi referensi.

berikut saya berikan lagi Bagian BAB I nya,





BAB I
PENDAHULUAN



1.1         Latar Belakang Masalah

Komputer dapat lebih memberdayakan guru dan siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang selama ini dilaksanakan. Hal tersebut disebabkan dengan menggunakan media komputer, memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu bahan dengan cara-cara baru yang lebih interaktif. Komputer dapat menjadi katalisator untuk meraih sasaran-sasaran pendidikan yang telah di tetapkan oleh orang tua, pendidik, dan pemerintah. Pemanfaatan komputer sebagai sarana pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang sangat positif karena selain baru bagi perkembangan teknologi pembelajaran juga memiliki sifat yang representatif dan interaktif. Komputer dapat menjadi sarana pembelajaran yang inovatif, dari tradisi papan tulis dan kapur. Dengan Power Point misalnya, para guru dapat menyulut minat siswa terhadap pelajaran lewat penyertaan foto-foto, potongan film, dan bahkan berhubungan dengan internet.
Multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai salah satu sarana penyampaian pembelajaran secara interaktif dan terintegrasi yang mencakup teks, gambar, suara, video atau animasi. Komponen interaktivitas yang menunjuk kepada proses pemberdayaan pengguna untuk mengendalikan lingkungan melalui komputer.
CAI (Computer Assisted Instructions) hakekatnya merupakan penawaran baru dalam cara pembelajaran. Komputer sebagai media akan lebih banyak membantu siswa menemukan hal-hal baru yang lebih menarik dibandingkan dengan cara-cara konvensional yang lebih berpusat pada guru. Walaupun sudah diketahui, bahwa cara-cara belajar dan mengajar, serta pemerolehan informasi pembelajaran tiap individu berbeda. Banyak teori-teori belajar yang berupaya menguraikan cara belajar tiap individu. Kebanyakan teori ini mengidentifikasikan atribut-atribut yang mirip. Uraian yang paling sederhana, ada orang yang belajar lebih baik dengan membaca, ada yang lebih baik lewat mendengarkan, ada yang dengan memperhatikan orang lain mengerjakan tugas, ada pula yang harus mengerjakan tugas itu sendiri. Semua orang mempunyai tingkat atitude yang berbeda selain kepribadian dan pengalaman hidup berbeda-beda yang mungkin memotivasi atau sebaliknya mendemotivasi cara belajar. Seorang yang secara fisik maupun psikis tidak memiliki kemampuan sebagaimana orang-orang normal, mungkin akan perlu bantuan komputer untuk mengakses bahan-bahan pembelajaran lewat cara baru dengan bantuan komputer.
Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang biasa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan ini bahwa desain grafis banyak dimanfaatkan dalam desain komunikasi dan fine art.  Oleh karena itu, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), ataupun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu proses pembelajaran desain grafis agar lebih mudah dimengerti, dipahami serta dapat melahirkan antusias belajar yang tinggi dari mahasiswa, maka dibutuhkan suatu aplikasi pembelajaran dengan menggunakan komputer sebagai alternatif lain yang dapat membantu pengajar ataupun pelajar. Dengan aplikasi ini, maka dapat membantu pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan di dalam silabus.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, penulis bermaksud untuk menguraikan tahap-tahap pemberian solusi yang dituangkan dalam skripsi dengan judul “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Desain Grafis Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI)”.



1.2    Perumusan Masalah
             Berdasarkan latar belakang masalah, maka yang menjadi perumusan masalah adalah:
1.      Bagaimana menyampaikan dan menjelaskan materi pembelajaran desain grafis lebih mudah dipahami?
2.      Bagaimana menerapkan metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) untuk pembelajaran desain grafis?
3.      Bagaimaan merancang aplikasi pembelajaran desain grafis yang menerapkan metode CAI?

1.3    Batasan Masalah
Adapun yang menjadi batasan masalah dalam perancagan aplikasi pembelajaran desain grafis ini adalah sebagai berikut :
1.        Perangkat  lunak yang dibangun hanya menyajikan salah satu topik materi pembahasan vektor dan piksel yang telah disusun dalam pembelajaran desain grafis yaitu pembelajaran desain grafis dasar.
2.        Penenerapan klasifikasi dari metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instructions)  hanya pada proses deskripsi (penjelasan materi) dan proses drill  and practice serta pemecahan masalah soal-soal latihan.
3.        Soal-soal latihan yang disajikan adalah hanya latihan-latihan tentang materi-materi yang telah disertakan dalam aplikasi pembelajaran ini.

1.4    Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.4.1 Tujuan Penelitian

Penulisan skripsi ini memiliki tujuan dan manfaat, adapun tujuan penyusunan skripsi dapat di jelaskan sebagai berikut:
1.        Menjelaskan teknik penyajian materi pembelajaran desain garfis untuk memberikan kemudahan untuk pemula yang mudah dan menarik sehingga dapat meningkatkan gairah belajar.
2.        Menerapkan metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) dalam pembelajaran desain grafis bebrbasis komputer untuk mempermudah pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran desain grafis.
3.        Merancang sebuah aplikasi multimedia pembelajaran materi desain grafis (Computer Assisted  Instruction).

1.4.2 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penyusunan skripsi ini adalah sebagai berikut :
1.        Untuk menambah sumber pembelajaran serta memberi alternatif cara belajar yang menarik.
2.        Dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri oleh para siswa  maupun peserta didik di level kelas yang berbeda.
3.        Dapat memudahkan dan menggantikan guru dalam proses pengajaran materi desain grafis.

1.5  Metode Penelitian
Metode yang akan digunakan dalam pembuatan perangkat lunak ini terdiri dari tahap-tahap berikut :
1.        Studi kepustakaan    
Melakukan studi kepustakaan terhadap berbagai referensi yang berkaitan dengan mata kuliah desain grafis CAI (Computer Assisted Instruction) serta referensi-referensi lain yang dibutuhkan dalam pembahasan penelitian yang dilakukan. 
2.        Analisa
Mempelajari proses penyampaian pembelajaran desain grafis dengan uraian silabus kurikulum mata pelajaran desain grafis melalui aplikasi multimedia dengan menerapkan metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction).
3.        Perancangan
Merancang aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia dengan menggunakan bahasa pemrograman Macromedia Flash 8.0.

4.         Implementasi
Melakukan proses pengujian dan pengecekan kesalahan terhadap perangkat lunak yang telah dirancang.

1.6     Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan skripsi ini dibagi menjadi lima bab, yaitu sebagai berikut :
BAB I   :    PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan dari skripsi ini.
BAB II  :   LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan tentang konsep dasar dan teori-teori yang mendukung pembahasan dan pembuatan skripsi ini.
BAB III :   ANALISA DAN PERANCANGAN
Bab ini berisikan tentang perancangan umum maupun uraian lebih lanjut mengenai perancangan aplikasi pembelajaran desain grafis berbasis multimedia dengan metode pembelajaran CAI (Computer Assisted Instructions).
BAB IV :   ALGORITMA DAN IMPLEMENTASI
Bab ini akan membahas analisa hasil dan pembahasan sistem aplikasi yang telah dirancang, tampilan interface program dan pengujian sistem aplikasi.
BAB V  :   KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi kesimpulan yang diambil dari pembahasan masalah serta saran yang dapat dipertimbangkan untuk tindak lanjut terhadap sistem yang dibuat.



semoga bermanfaat ya.... ntar ane lanjut lagi untuk bab selanjutnya..hehee
thanks





















0 comments:

Post a Comment

 

Wechat >>

Menu Blog